"Tuntut ilmu mulai dari buaian sampai liang lahat"

iqro1  Kita tahu bahwa wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. adalah Surat Al Alaq ayat 1-5.

Surah Al-‘Alaq (bahasa Arab:العلق, “Segumpal Darah”) adalah surah ke-96 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 19 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Ayat 1 sampai dengan 5 dari surah ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang pertama diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad bersemedi di gua Hira. Surah ini dinamai Al ‘Alaq (segumpal darah), diambil dari perkataan Alaq yang terdapat pada ayat 2 surat ini. Surat ini dinamai juga dengan Iqra atau Al Qalam.”(http://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-%27Alaq)

Perintah membaca lingkungan alam semesta untuk menemukan siapa sebenarnya Tuhan; tersurat dalam Surat Al alaq: manusia dijadikan dari segumpal darah; Allah menjadikan kalam sebagai alat mengembangkan pengetahuan;Janganlah manusia bertindak melampaui batas karena merasa dirinya serba cukup; ancaman Allah terhadap orang-orang kafir yang menghalang-halangi kaum muslimin melaksanakan perintah-Nya.

Surat Al ‘Alaq menerangkan bahwa Allah menciptakan manusia dari benda yang hina kemudian memuliakannya dengan mengajar membaca, menulis dan memberinya pengetahuan. Tetapi manusia tidak ingat lagi akan asalnya, karena itu dia tidak mensyukuri nikmat Allah itu, bahkan dia bertindak melampaui batas karena melihat dirinya telah merasa serba cukup.(http://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-%27Alaq)

Dari Uraian diatas harus kita renungkan kenapa kita diperintahkan untuk membaca?. Membaca dalam artian luas yaitu membaca ayat yang tersirat & tersurat sehingga kita dapat menemukan pengetahuan, kebenaran dari Yang Maha Tahu (Al Alim) serta kebenaran dari Yang Maha Benar (Al Haq).

“Membaca adalah jendela dunia” untuk kita bisa mengetahui segala sesuatu pengetahuan, informasi, kejadian dan segala hal dengan membaca. Maka sepantasnya sebagai orang Islam yang beriman ayat diatas supaya dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: